Sejarah Singkat

Pendirian Prodi Studi Ilmu Lingkungan diawali dengan adanya kebutuhan terhadap multi disiplin ilmu pada strata magister (S). Pemerintah dan Masyarakat Kepulauan Riau sangat menunggu dan mendukung adanya pendidikan dalam  jenjang magister (S2) sebagai upaya untuk peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. Adanya kebutuhan tersebut dan didukung dengan kesiapan SDM yang dimiliki oleh UMRAH maka pada tahun 2019 sudah mulai disusun dan diusulkan melalui SILEMKERMA. Setelah melalui berbagai tahapan atau proses usulan pembukaan prodi baru, Alhamdulilah, pada tanggal 27 Juli 2020 terbit Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NO.709/M/2020 tentang ijin pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Magister pada Universitas Maritim Raja Ali Haji di Kota Tanjungpinang.

Program Studi MIL yang bersifat multi disiplin ilmu dengan Motto “Inovatif, Berakhlak Mulia dan Berwawasan Lingkungan” diharapkan dapat berpartisipasi aktif  dalam menyelesaikan berbagai masalah lingkungan khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. Penguasaan terhadap kondisi lingkungan baik darat, air maupun udara dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dari sisi sumberdaya maupun sosial ekonomi masyarakat terhadap suatu permasalahan. Sudut pandang ini diharapkan mampu menghasilkan kebijakan dan program kerja yang mengedepankan keberlanjutan sumberdaya berwawasan lingkungan dan dengan tetap memperhatikan kepentingan masyarakat secara luas.

Keberadaan program studi ini diharapkan juga mampu menumbuh kembangkan jiwa sosial yang peduli akan lingkungan serta jiwa kewirausahaan yang lahir ditengah-tengah berbagai problem lingkungan. Dengan adanya keilmuan tersebut juga diharapkan dapat membantu program studi lain yang ada di UMRAH dalam memahami, mengeksplorasi dan memanfaatkan sumberdaya yang berwawasan lingkungan. Disamping itu program studi ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi alumni Umrah dari eksakta maupun sosial yang memiliki semangat untuk melanjutkan studi di strata magister.